Rekomendasi Mainan DIY Seru Untuk Ide Bermain Anak

20-10-2022

https://ruangmainan.com - Mainan Do It Yourself (DIY) sangat diminati oleh orang tua dan anak-anak akhir-akhir ini karena media yang digunakan biasanya mudah didapat dan mudah diaplikasikan. 

Mainan DIY adalah salah satu permainan yang menyenangkan untuk anak-anak karena mengajarkan banyak hal tentang keterampilan sensorik dan motoriknya.

Manfaat Bermain Untuk Anak-anak

Waktu bermain adalah waktu yang tepat untuk mengasah dan meningkatkan perkembangan anak. Bermain tidak hanya membuat anak-anak anda menjadi semangat, tetapi juga membuat mereka tumbuh menjadi orang yang lebih positif. 

Dengan bermain juga mendorong anak untuk lebih berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sepermainannya. Berikut adalah manfaat dari bermain untuk anak.

1. Mengembangkan Keterampilan Fisik

Bermain dengan aktif dan menyenangkan sangat penting bagi anak karena membantu perkembangan fisik mereka. Gerakan aktif selama bermain membantu meningkatkan koordinasi, keseimbangan, keterampilan motorik kasar, dan keterampilan motorik anak. 

2. Membantu Untuk Mengelola Emosinya

Bermain juga dapat melatih empati dan meningkatkan kemampuannya untuk memahami orang lain melalui permainan. Selain itu, prestasi dan kepuasan anak saat bermain membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka. 

3. Mengasah Kemampuan Sosial dan Komunikasinya

Permainan dapat meningkatkan keterampilan sosialnya saat ia berinteraksi dengan orang lain selama permainan. Anak juga belajar untuk bekerja sama, berkompromi, berempati dengan temannya, menyelesaikan konflik, dan bahkan mengikuti aturan.

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Bermain dengan media apapun termasuk mainan DIY, meningkatkan keterampilan kognitif anak. Kemampuan kognitif ini erat kaitannya dengan bagaimana ia memperhatikan sesuatu, menalar, memproses ingatan, dan mengerahkan keterampilan motorik.

5. Meningkatkan Kreativitas

Imajinasi anak akan berkembang pesat dengan permainan apapun termasuk mainan DIY. Kreativitas ini ditunjukkan ketika seorang anak memecahkan suatu masalah yang ada di mainan mereka.

Ide Mainan DIY Untuk Anak

Bermain untuk anak-anak memiliki segudang manfaat, jadi tidak ada salahnya untuk menyingkirkan perangkat anda terlebih dahulu dan mencoba banyak mainan DIY yang lebih menyenangkan.

1. Peek A Boo (Cilukba)

Permainan ini tidak lekang oleh waktu dan anda dapat memperkenalkannya kepada anak sejak usia 0 tahun dan lihatlah reaksi menyenangkannya. Peek A Boo atau Cilukba adalah mainan DIY yang sangat sederhana dan tidak menggunakan media yang sulit. Cukup tutupi wajah anda dengan tangan dan beri kejutan lembut pada anak anda sembari mengucapkan cilukba.

2. Bowling Botol

Mainan botol bowling DIY ini adalah mainan DIY yang menyenangkan untuk anak usia 2 tahun. Siapkan 10 botol plastik kosong, sebuah bola (basket, bola sepak, bola mini, dll), dan lakban. Susun botol dalam bentuk segitiga atau segitiga sama sisi mendatar dan jangan lupa buat pembatas untuk pemain dengan selotip. 

3. Bunga Berwarna

Mainan DIY ini membutuhkan bahan yang berasal dari alam seperti bunga yang berwarna putih. Kemudian anda membutuhkan pewarna makanan, air, dan wadah plastik. Tentunya untuk melakukan permainan DIY ini harus ada pengawasan dari orang tua. 

Untuk melakukan mainan DIY ini, pertama isi wadah dengan air terlebih dahulu. Lalu teteskan pewarna pakaian makanan tadi dan masukkan bunga putih tersebut dengan posisi batang berada di bawah. Tunggu beberapa saat dan keajaiban akan segera muncul karena warna bunganya mulai berubah. Di sini si anak akan dilatih banyak hal seperti melakukan prosesnya sesuai aturan yang diberikan, serta kesabaran untuk menunggu hasilnya.

4. Membuat Lukisan Berwarna

Mainan DIY untuk anak usia 3 tahun keatas cocok untuk melatih fokus, kosakata, serta imajinasi dan ingatan anak.  Tidak hanya imajinasi yang akan berkembang, tetapi anak akan belajar mengenal warna lebih baik. 

Anda dapat membuat warna yang aman bahkan jika anak tidak sengaja memakannya. Bahan yang anda perlukan adalah 5 pewarna makanan (warna merah, hijau, biru, kuning, ungu, dll), tepung terigu, air secukupnya, dan kertas hvs, bahan dan air secukupnya untuk membuat campuran warna. 

Setelah warna tercampur, siapkan selembar kertas kosong dan minta anak untuk mewarnai lembaran kosong dengan mencelupkan jari atau tangan mereka ke dalam cat berwarna yang tersedia.

5. Labirin Bola Warna

Mainan DIY berikut ini merupakan mainan yang cukup menantang. Anda akan membutuhkan 600 ml botol mineral kosong sebanyak 5-7 buah . Selanjutnya, siapkan lakban atau selotip, lem perekat yang kuat untuk merekatkan plastik ke karton, gunting, karton persegi berukuran besar, dan bola warna-warni yang berukuran lebih kecil dari botol mineral.

Kemudian buat bentuk tabung pada setiap botol yang tersedia, kemudian pasangkan botol-botol tersebut menjadi sebuah bentuk labirin, satukan dengan selotip. Buatlah beberapa lubang labirin terbuka pada bagian atas dan bawah. 

Pasangkan labirin tersebut pada sebuah karton besar yang tersedia. Anda dapat memasukkan bola pada lubang labirin bagian atas dan perhatikan ke arah mana bola warna tersebut menggelinding dan terjatuh ke bawah.