Permainan Tradisional yang Mengandalkan Kerjasama Tim untuk Menang

11-10-2022

https://ruangmainan.com - Sebelum adanya gadget seperti saat ini, anak-anak tahun 90-an dulunya menghabiskan waktu dengan bermain bersama teman-temannya.

Banyak permainan tradisional yang berbentuk permainan tim, semakin banyak pesertanya maka akan semakin seru pula permainannya dan tentu saja mengajarkan kerja sama tim.

Bermain permainan tradisional bersama teman adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat.

Salah satu manfaat permainan tradisional adalah dapat membangun sikap kerjasama antar teman. Berikut beberapa permainan tradisional yang mengutamakan kerjasama tim untuk dapat menang.

Permainan Tradisional yang Mengandalkan Kerjasama Tim

1. Tarik Tambang

Tarik tambang merupakan salah satu jenis permainan tradisional membutuhkan tim agar dapat memainkannya. Kerjasama dan penyatuan kekuatan adalah kunci agar mendapat kemenangan dalam permainan ini.

Karena tim pemenang adalah tim yang menggabungkan tujuan dan kekuatan mereka sehingga mereka dapat menarik tali lebih kuat dari tim lawan.

Untuk dapat menyatukan kekuatan dan tujuan tentunya akan memerlukan kerjasama antar tim. Jika salah satu saja anggota tim tidak menarik, maka akan berdampak pada kekuatan tim.

2. Gobak Sodor

Gobak Sodor adalah permainan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Permainan ini dimainkan secara bertim dan membutuhkan kerjasama.

Dalam permainan ini, ada seorang yang bertugas untuk mengecoh tim penjaga, dan seseorang yang bergerak cepat untuk mendapatkan kesempatan untuk berlari.

Setiap anggota tim harus saling percaya dan memiliki tujuan yang sama dalam menentukan strategi kemenangan.

Ketika ada salah satu anggota tim hanya memikirkan dirinya sendiri, teman-temannya yang lain akan kesulitan untuk berjuang. Oleh karena itu, setiap anggota tim harus menjalin hubungan kerja yang baik.

3. Bakiak

Seperti halnya Gobak Sodor, permainan Bakiak harus dimainkan secara bertim.

Dalam tiap tim, setiap orang harus bergerak secara serempak dan bersamaan agar dapat berjalan bakiak dengan baik.

Performa tim akan lebih sulit mengkoordinasikan gerakannya jika ada anggota tim yang tidak mau diajak berkolaborasi. 

Akibatnya grup mungkin jatuh karena tidak seimbang, atau jatuh dapat melukai kaki dan grup mungkin tidak mendapat kemenangan. Itulah mengapa setiap orang harus berusaha sebagai tim.

4. Gatrik

Gatrik adalah permainan tradisional bertim yang menggunakan dua batang bambu dan dua buah batu bata. Setiap tim terdiri dari 4-6 orang. Oleh karena itu, lahan yang dibutuhkan untuk bermain Gatrik harus luas.

Setiap tim memiliki tugas masing-masing dalam permainan. Satu tim melempar bambu dan yang lain bertugas untuk mengambil bambu. 

Jika bambu ditangkap oleh lawan, berarti pemain dapat mengubah posisi. Salah satu bambu pendek diletakkan di atas dua batu bata yang berfungsi sebagai penyangga.

Tim yang menjadi pemenang adalah tim yang mendapat poin terbanyak. Oleh karena itu, semua anggota tim harus bekerja sama dengan memberikan instruksi satu sama lain.