Ide Permainan Anak Anak Usia 6-12 Tahun

22-11-2022

https://ruangmainan.com - Seringkali orangtua disibukkan dengan urusan pekerjaan sehingga lupa bahwa anak-anaknya yang berada di usia sekolah, tetap membutuhkan quality time bersama Ayah dan Ibunya.

Meski terkadang anak juga sibuk dengan ponsel, video game, hingga tugas sekolah, Ibu bisa menyiapkan beberapa ide segar untuk menghibur anak sambil mempererat hubungan keluarga.

Beberapa permainan ini bahkan bisa dilakukan di dalam rumah saja, sehingga tak perlu khawatir jika cuaca sedang tidak mendukung.

Untuk membantu Ibu memilih beberapa permainan, kali ini Ruang Mainan telah merangkum beberapa ide permainan untuk mengisi waktu luang anak 6-12 tahun.

Intip beberapa idenya di bawah ini yuk!

1. Permainan bola dan cangkir

Terkadang hal yang paling sederhana bisa berubah menjadi waktu yang menyenangkan bagi seluruh keluarga, dan aktivitas ini adalah salah satunya!

Permainan bola dan cangkir adalah persis seperti apa kedengarannya. Untuk mempersiapkan permainan ini, tempelkan seutas tali pada bola pingpong kecil, kemudian ikatkan ujung tali satunya ke gagang cangkir.

Cara bermainnya pun cukup mudah, minta setiap pemain untuk memasukkan jarinya ke gagang cangkir. Lalu lemparkan bola dan tangkap sampai masuk ke dalam cangkir.

Pemain yang berhasil menangkap bola paling banyak, memenangkan permainan.

Mudah sekali bukan?

2. Melempar koin

Jika anak mama menyukai permainan melempar cincin atau permainan serupa, dan memiliki banyak uang receh di rumah, maka permainan ini mungkin merupakan cara yang tepat untuk menghabiskan waktu luang bersama anak dengan menyenangkan.

Untuk bermain, Mama cukup meletakkan beberapa wadah dengan ukuran berbeda di atas meja, lalu mintalah anak-anak bergiliran berdiri beberapa langkah dari wadah sambil mencoba melemparkan koin ke dalamnya. Semakin kecil wadahnya maka poinnya semakin tinggi. Siapa pun yang mendapatkan poin paling banyak ke dalam wadah, akan menjadi pemenang!

3. Hangman

Permainan dalam ruangan tak semuanya harus melibatkan aktivitas fisik. Faktanya, terkadang permainan yang bisa dimainkan di selembar kertas juga dapat menghibur, contohnya seperti Hangman.

Untuk bermain, putuskan tema apa yang digunakan, apakah hewan, nama negara, pakaian, dll. Lalu tentukan siapa yang akan menulis sebuah kata rahasia terlebih dulu.

Setelah itu minta pemain tersebut untuk menuliskan berapa huruf yang ada di kata rahasia tersebut di atas kertas misalnya "Gajah", maka buatlah lima garis, dan gambar tempat hangman untuk memulai permainan. Kemudian, semua orang akan bergiliran menebak huruf yang mungkin ada dalam kata tersebut. Setiap tebakan yang benar akan ditambahkan ke dalam kata, sementara jawaban yang salah menambahkan bagian tubuh lain ke hangman.
Setelah seseorang menebak huruf yang benar, pemain yang menang adalah ia yang dapat mencoba menebak seluruh kata.

4. Dua puluh pertanyaan

Seperti Hangman, dua puluh pertanyaan adalah permainan menyenangkan lain yang membutuhkan lebih banyak pemikiran daripada bekerja, tetapi itu benar-benar dapat membuat anak-anak bingung sambil bersenang-senang!
Untuk bermain, satu orang harus memikirkan seseorang, tempat, atau benda, lalu semua orang bergiliran mengajukan pertanyaan yang akan dijawab dengan "ya" atau "tidak" untuk mencoba mencari tahu apa kata yang tepat itu.

Setelah mengajukan pertanyaan, pemain menebak jawabannya. Siapa pun yang menebak dengan benar akan memikirkan kata misteri berikutnya.