Pentingnya Mainan Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

07-10-2022

https://ruangmainan.com - Disadari atau tidak, orang tua sering tidak mempersoalkan untuk membelikan mainan untuk anak. Ternyata ada banyak manfaat mainan bagi tumbuh kembang anak.

Lalu seberapa penting mainan bagi anak? Mainan dapat memberikan dampak positif pada perkembangan otak, sosial, emosional dan fisik anak. 

Otak anak seperti spons yang siap menyerap informasi yang diberikan. Jadi mainan bisa menjadi cara untuk anak mengeksplorasi lingkungan dan mempelajari hal-hal baru.

Orang tua dapat menggunakan permainan untuk memasukkan unsur pendidikan ke dalam permainan mereka. Dalam hal ini, orang tua berperan penting dalam memilih jenis mainan yang edukatif dan tidak berbahaya bagi anak. 

Mainan juga dapat melatih pikiran dan tubuh anak, melatih kemampuan motoriknya melalui permainan, bahkan mengembangkan imajinasinya. Mainan merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk anak.

Kegiatan bermain sangat dinikmati oleh anak-anak dan mainan yang sangat populer menarik perhatian dan dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan anak. 

Tokoh-tokoh seperti Plato, Aristoteles, dan Froebel menganggap bermain sebagai kegiatan yang memiliki nilai praktis. Artinya bermain dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan khusus anak.

Lantas, mainan seperti apa yang paling efektif untuk mendukung tumbuh kembang anak? Tentunya hal yang dapat memberikan nilai edukasi yang optimal bagi anak. Alat permainan yang edukatif adalah alat bermain yang sengaja dirancang khusus untuk tujuan edukasi anak.

Bahkan dalam beberapa waktu terakhir, produsen mainan anak didorong untuk semakin inovatif dan variatif untuk memproduksi mainan yang edukatif. 

Mainan edukatif juga menjadi salah satu mainan yang paling berkembang dan banyak digunakan serta sering menjadi mainan favorit yang diberikan orang tua kepada anaknya.

Produsen mainan anak juga harus dapat menjamin keamanan sehingga mainan aman dan tidak membuat anak terluka. 

Pada dasarnya, mainan anak-anak yang ideal harus mengandung konten edukatif dan pembelajaran untuk merangsang pertumbuhan dan kecerdasan anak. Dan jika perlu, berkonsultasi dengan pakar yang berfokus pada tumbuh kembang anak.

Inovasi juga perlu dilakukan dalam menciptakan mainan anak seperti penggunaan bahan pembuatan yang aman untuk anak. Beberapa bahan atau material yang aman bagi anak diantaranya bahan dasar yang baru seperti mdf, flanel, dan kain.

Sementara jenisnya juga disesuaikan dengan kebutuhan anak. Batita dengan balita tentunya memiliki pilihan mainan yang berbeda. 

Dan dengan semakin beragamnya mainan edukatif untuk anak, orang tua memiliki berbagai cara mudah untuk mendidik anaknya. Namun, pastikan anak anda diawasi saat bermain dan batasi waktu bermain untuk aktivitas lain seperti makan dan istirahat.