Manfaat Bermain Lego Bagi Tumbuh Kembang Anak

16-05-2022

https://ruangmainan.com - Apakah mainan lego merupakan salah satu mainan  kesukaan si buah hatimu di rumah? Jika ya, maka kamu tidak perlu merasa risau bila si kecil sering memainkan permainan lego.

Lego adalah sejenis alat permainan bongkah plastik kecil yang terkenal di dunia khususnya di kalangan anak-anak atau remaja, dan tidak merupakan permainan khusus sehingga bisa dimainkan oleh laki-laki dan perempuan.

Terkadang banyak anak menghabiskan banyak waktu untuk melakukan permainan bongkar pasang ini. Hal ini disebabkan karena rasa ingin tahu mereka untuk menciptakan bentuk baru.

Lalu, apa saja manfaat permainan lego bagi tumbuh kembang anak? Mari simak pembahasan mengenai manfaat bermain lego menurut The Scots College berikut ini.

1. Melatih Gerak Motorik Halus Anak

Manfaat bermain lego bagi tumbuh kembang anak yang pertama adalah melalui permainan lego, maka gerak motorik halus pada anak akan terlatih.

Pada saat menggabungkan blok-blok yang ada, anak akan mencoba menyusunnya dengan mengkoordinasikan antara gerak mata dengan keterampilan tangan.

Sedangkan pada saat memasangnya, anak-anak harus menggunakan tekanan pada balok yang ada agar balok dapat menempel dengan sempurna.

Kedua gerakan inilah yang pada akhirnya dapat melatih gerak motorik halus anak bila dilakukan secara berulang-ulang.

2. Melatih Kerja Sama Dalam Tim

Manfaat kedua dari permainan lego adalah dapat melatih anak bekerja sama dalam sebuah tim. Kerena, anak dapat bermain bersama dengan teman-teman sebayanya dalam merancang sebuah bentuk.

Pada saat bermain lego bersama teman-temannya, si kecil juga akan belajar cara berbagi mainan dan juga bergiliran ketika menyusun sebuah balok.

Dalam menciptakan hasil betuk yang diinginkan bersama, mereka juga akan saling bertukar ide. Sehingga, mereka harus memahami bagaimana ide-ide yang berbeda bisa membuat permainan menjadi lebih menarik.

3. Meningkatkan Kreativitas

Bentuk konstruksi balok mainan lego yang dibuat si kecil berbeda-beda setiap ia bermain. Kreativitas meningkat saat ia menggunakan warna, bentuk, dan ukuran blok lego yang berbeda-beda untuk membangun desain bangunan yang rumit.

 

Kreativitas dan imajinasi anak akan berkembang ketika apa yang bisa ia buat tidak dibatasi. Sehingga Si buah hati bisa mengeksplor kreativitas mereka tanpa takut gagal.

4. Melatih Memecahkan Masalah dan Pemikiran Matematis

Mengikuti instruksi untuk menyusun Lego dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, fokus, dan perhatian terhadap hal-hal kecil.

Tanpa disadari, anak akan mulai belajar mengenai tentang simetri, keseimbangan, bentuk, dan ukuran yang akan tereksplor saat anak bermain Lego. Tentunya, belajar dengan cara yang menyenangkan.

Ketika anak memperhatikan berapa blok kecil yang bisa muat di blok besar, tidak secara langsung mereka juga belajar soal pecahan dan pembagian.

Membangun konstruksi Lego juga mengembangkan kemampuan spasial dan pemikiran visual. Anak belajar berpikir di dalam ruang tiga dimensi, memahami jarak, serta hukum dasar fisika.

Maka dapat disimpulkan, anak akan mempelajari matematika secara tidak langsung pada saat bermain lego. Jadi para bunda juga dapat mengajari anak matematika melalui media mainan ini.

5. Melatih Keterampilan Komunikasi Anak 

Pada saat bermain lego bersama teman, si kecil akan membagikan idenya dengan temannya melalui komunikasi antar mereka.

Selain itu, anak-anak juga akan cenderung suka bercerita pengalaman sehari-harinya saat bermain kepada orang tuanya.

Saat anak menceritakan tentang kreasi Legonya, ia menjadi terlatih dalam mengembangkan kemampuan komunikasi, yang dapat membuatnya semakin lancar dalam berbicara.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat bermain lego berikutnya adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Karena menggabungkan balok-balok yang memiliki ukuran yang berbeda pada lego untuk menghasilkan bentuk akhir yang sesuai keinginan bukanlah suatu hal yang mudah.

Oleh sebab itu, saat si kecil berhasil menyelesaikannya sesuai dengan yang diinginkannya, akan timbul rasa puas pada anak, dan dia pun akan bangga untuk menunjukkan hasil karyanya pada orang lain.

Hal ini akan berdampak positif bagi tumbuh kembang anak, karena ia akan terbiasa hingga dewasa mengenai hasil dari usaha dan karyanya.

Nah, itulah beberapa manfaat lego bagi tumbuh kembang anak yang harus para bunda ketahui. Maka bunda jangan ragu lagi untuk membelikan mainan lego untuk sarana edukasi untuk anak di rumah ya.

Mungkin manfaatnya tidak langsung terlihat ketika anak masih kecil. Tapi hal ini akan berdampak positif pada anak ketika mereka sudah dewasa.