Mainan Balok Susun : Ini Cara Bermain, Aturan Main hingga Berbagai Manfaatnya

06-11-2023

Mainan Balok Susun  -  Semua anak pasti suka bermain. Salah satu permainan yang sering dimainkan oleh banyak orang adalah mainan balok susun. Meskipun terlihat sederhana, permainan ini memiliki banyak manfaat bagi perkembangan mereka.

Balok susun sekarang sangat populer, biasanya dimainkan saat bersama teman-teman. Banyak warung kopi juga menyediakan permainan ini untuk membuat pertemuan pelanggan lebih seru.

Permainan ini, tidak hanya terkenal dapat melatih kemampuan motorik, namun juga membantu meningkatkan kemampuan berpikir pemainnya. Karena itu, mainan balok kayu edukatif ini termasuk menjadi salah satu permainan yang dapat mengasah kreativitas.

Lantas bagaimana Cara bermain hingga manfaat lainnya yang dapat diperoleh? Simak ulasan ruang mainan berikut, ya!

Manfaat Mainan Balok Susun

1. Dapat Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi

Bermain dengan mainan balok susun adalah cara yang baik untuk membantu anak mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka.

Ketika bermain dengan balok, mereka dapat berkreasi dengan menyusun balok-blok ini menjadi bentuk-bentuk yang mereka inginkan, seperti rumah atau jembatan.

Orang tua atau guru dapat membantu anak dalam pengembangan imajinasi mereka dengan memberikan contoh-contoh sederhana, seperti membentuk bangunan yang mudah ditiru. Seiring berjalannya waktu, anak akan mendapatkan lebih banyak inspirasi dan panduan, yang akan membantu imajinasinya berkembang. Dengan waktu, mereka akan dapat menciptakan ide-ide sendiri dan mengubah balok-blok ini menjadi bentuk yang mereka impikan.

2. Melatih Kesabaran

Melatih kesabaran anak usia dini bisa menjadi tugas yang menantang. Banyak anak pada usia ini masih belajar untuk memahami dan mengendalikan emosi mereka, sehingga tantrum seringkali muncul.

Salah satu cara untuk melatih kesabaran anak usia dini adalah melalui bermain balok. Mainan balok susun ini memerlukan keterampilan dan kesabaran agar mereka dapat menyusun balok hingga membentuk sesuatu yang mereka inginkan.

Peran guru dan orang tua sangat penting dalam memberikan motivasi kepada anak untuk tetap bersabar dan bersemangat ketika susunan balok mereka tumbang atau roboh. Ini adalah kesempatan untuk mengajari mereka pentingnya ketekunan dan bahwa kegagalan adalah bagian dari proses belajar. Dengan dukungan yang tepat, anak dapat belajar mengatasi rasa frustrasi dan meningkatkan kesabaran mereka.

3. Melatih Belajar Mengenal Konsep

Saat anak bermain dengan mainan balok susun, mereka secara tidak langsung belajar berbagai konsep penting, seperti perbedaan bentuk, ukuran, warna, dan keseimbangan.

Melalui bermain dengan balok, anak dapat dengan alami memahami bagaimana berbagai bentuk dan ukuran berinteraksi satu sama lain. Mereka juga dapat belajar mengenai perbedaan warna dan bagaimana keseimbangan bekerja dalam konstruksi mereka. Dengan bimbingan dari orang dewasa, anak dapat lebih mudah memahami konsep-konsep ini dan menerapkannya dalam permainan mereka.

4. Dapat Melatih Monotorik

Bermain dengan balok juga sangat bermanfaat untuk melatih motorik halus anak. Hal ini disebabkan karena permainan balok membutuhkan kerja sama antara koordinasi tangan dan mata.

Saat anak menggenggam, menyusun, dan merangkai balok, inilah saat di mana motorik halus mereka terlatih. Melalui mainan balok susun, mereka dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengendalikan gerakan tangan dengan presisi, mengkoordinasikan mata dan tangan, serta meningkatkan keterampilan manipulasi benda. Semua hal ini sangat penting dalam perkembangan keterampilan motorik halus anak.

5. Membantu Mengenal Warna

Salah satu cara yang bagus untuk mengenalkan warna pada anak usia dini adalah melalui mainan balok susun. Pilihlah balok dengan berbagai warna yang berbeda-beda, karena ini akan menarik minat anak dan membantu mereka mengenal beragam warna selama bermain dengan balok.

Selama permainan, Anda bisa mendorong anak untuk menyebutkan nama warna dari balok yang mereka pegang. Atau, Anda bisa memberikan tantangan kepada mereka untuk mencari balok dengan warna yang Anda sebutkan. Ini adalah cara yang interaktif dan menyenangkan untuk membantu anak mengenali dan memahami warna.

6. Melatih Jiwa Sosial

Bermain dengan balok juga bisa menjadi momen yang tepat untuk melatih jiwa sosial anak. Ketika anak bermain bersama teman-temannya, ini adalah kesempatan yang baik untuk mengajarkan nilai-nilai seperti berbagi, bekerja sama, dan berinteraksi dengan baik dengan orang lain.

Selain itu, permainan balok akan menjadi lebih bermanfaat jika orang tua atau guru mendampingi anak saat bermain. Dalam peran pendamping, ada banyak hal yang bisa diajarkan kepada anak, baik itu nilai-nilai sosial, keterampilan berkomunikasi, atau cara menyelesaikan konflik dengan baik. Lebih dari itu, momen bermain bersama ini juga dapat memperkuat ikatan dan hubungan antara orang tua dan anak, menciptakan pengalaman positif yang berharga bagi keduanya.

Cara Bermain Mainan Balok Susun :

Cara bermain Balok Susun secara umum adalah dengan menyusun balok-balok menjadi tumpukan tinggi. Kemudian, para pemain bergiliran untuk mengeluarkan balok satu per satu dengan aturan bahwa tumpukan balok tersebut tidak boleh jatuh atau rusak.

Jika tumpukan Balok Susun runtuh, pemain yang membuatnya runtuh dianggap kalah dan harus menerima hukuman.

 

Selain itu, pemain juga dapat menambahkan peraturan tambahan sesuai kesepakatan bersama untuk membuat permainan lebih menarik.

Aturan Bermain Balok Susun :

Cara main Balok Susun dapat diperkaya dengan beberapa peraturan tambahan yang membuat permainan lebih menarik. Berikut beberapa peraturan yang bisa diterapkan:

Penggunaan Satu Tangan: Setiap pemain hanya boleh menggunakan satu tangan saat mengambil balok. Beberapa aturan bahkan membatasi pemain untuk hanya menggunakan dua jari.

Ikuti Aturan Simbol: Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika mainan balok susun memiliki simbol khusus, pemain berikutnya harus mengikuti aturan yang sesuai dengan simbol tersebut.

Balok di Susunan Bawah: Cara main balok susun, pemain hanya diizinkan mengambil balok dari susunan bawah, yaitu pada level 1, 2, dan 3. Balok pada tingkat atas tidak boleh diambil.

Balok dengan Angka Pertama: Pemain awal harus memulai dengan mengambil balok yang memiliki angka pertama.

Menata Kembali Menara: Cara main balok susun tahap selanjutnya, jika seorang pemain meruntuhkan susunan Menara, dia harus membantu menata dan menyusun kembali Menara agar bisa dimainkan kembali.

Dengan peraturan tambahan ini, Balok Susunakan menjadi permainan yang lebih menantang dan seru, serta memberikan variasi dalam cara permainan berlangsung.

Cara menyusun dan memainkan Mainan Balok kayu :

Penyusunan Balok Susun :

Letakkan tiga balok mainan balok kayu secara acak di masing-masing tingkatan (level) tumpukan.

Susun balok-balok tersebut secara bersilangan antara baris satu dan seterusnya, dan teruskan hingga tumpukan Balok Susunterbentuk.

Cara Bermain Balok Susun Kayu:

Mainan Balok Susun Kayu dapat dimainkan oleh 2 hingga 10 pemain, sehingga cocok untuk bermain bersama teman-teman dan keluarga.

Cara main balok susun ini, pemain pertama harus mengambil salah satu balok dari bagian bawah atau tengah tumpukan mainan balok kayu.

Setelah mengambil balok, pemain harus meletakkan balok tersebut di bagian atas menara.

Pemain berikutnya harus mengambil satu mainan balok kayu yang memiliki angka yang sama dengan balok yang diambil oleh pemain sebelumnya. Ini berarti pemain harus berhati-hati memilih balok yang dapat disusun di atas menara.

Permainan berlanjut dengan pemain bergiliran mengambil dan meletakkan balok, selalu berusaha memilih balok yang sesuai dengan aturan warna atau angka yang sama.

 

Permainan terus berlanjut hingga salah satu pemain meruntuhkan atau merobohkan menara Balok Susun. Pemain yang membuat menara runtuh dianggap kalah dalam permainan ini.

Dengan aturan ini, Balok Susun kayu akan menjadi permainan yang menghibur dan menantang, di mana keterampilan taktis dan ketahanan menjadi kunci untuk bertahan dalam permainan hingga akhir.

Permainan ini akan sangat seru dimainkan bersama teman ataupun keluarga. Selain memberikan dapat melatih kretivitas dan imajinasi, mainan balok susun juga dapat menciptakan suasana yang hangat dan juga semakin dekat.

Harga mainan balok susun ini juga cukup bervariasi di pasaran, tergantung dengan bahan dan kualitasnya. Untuk mainan balok berbahan plastik, harganya berkisar Antara Rp 30.000 hingga Rp 60.000, sedangan harga mainan balok kayu berkisar Rp 70.000 hingga Rp 100.000.

Bagaimana, tertarik untuk memainkannya?