Cara Memilih Mainan Kereta Api Terbaik

25-11-2022

https://ruangmainan.com - Anda dapat menemukan berbagai mainan kereta api yang menarik untuk anak. Namun, mainan kereta seperti apa yang paling pas untuk anak Anda? Di bawah ini, kami akan memaparkan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan kereta. Mari simak dan temukan mainan kereta yang sesuai untuk si kecil.

• Usia di bawah 1 tahun: Mainan simpel dan aman

Untuk bayi yang usianya masih di bawah satu tahun, penting bagi Anda untuk memilih mainan yang aman dan sederhana. Hindari mainan kereta dengan bagian-bagian kecil yang dapat dimasukkan ke dalam mulut anak. 
Selain itu, mainan dengan warna-warna cerah yang mudah terlihat akan lebih menarik dan dapat membantu anak mengenal warna. Kami juga menyarankan Anda memilih mainan kereta yang bagian sudut-sudutnya tumpul sehingga lebih aman untuk anak.

• Usia 1-3 tahun: Mainan kereta sederhana yang dapat dirakit

Pada usia 1-3 tahun, anak-anak makin tertarik dengan mainan lokomotif dan kereta kayu yang berwarna-warni. Anda bisa mulai memberinya mainan kereta yang bisa dirakit, tetapi dengan model yang sederhana. 
Ajari si kecil merakit mainannya sendiri untuk mendorong kreativitas dan kemampuan motorik halus mereka. Selain itu, pastikan mainan kereta tersebut memiliki ukuran yang sesuai dengan genggaman tangan si kecil supaya mudah dipegang.

• Usia 3-5 tahun: Mainan kereta yang dapat mengedukasi

Pada usia 3-5 tahun, anak mulai tertarik dengan gambaran kereta api yang sebenarnya. Mereka akan tertarik pada mainan kereta yang dapat melaju otomatis di atas jalur relnya. Pada fase ini, anak juga mulai mampu merakit set rel yang lebih rumit. 

Mainan seperti itu sekaligus bisa menstimulasi imajinasi anak agar makin berkembang. Mainan miniatur kereta sangat direkomendasikan bagi anak usia 3-5 tahun. Si kecil dapat bermain sambil melatih konsentrasi, kreativitas, serta daya ingatnya.

• Usia 6 tahun ke atas: Mainan yang dapat melatih imajinasi sekaligus daya piker

Ketika berusia 6 tahun atau lebih, anak akan cepat bosan dan tidak puas dengan mainan miniatur kereta biasa. Karena itu, cobalah memilih mainan kereta yang tidak hanya dapat meningkatkan daya imajinasi, tetapi juga daya berpikirnya. 

Anda bisa memberi mainan blocks yang dapat dirakit menjadi rel kereta lengkap dengan lanskap kota. Akan lebih baik, jika orang tua ikut bermain bersama. Dengan demikian, Anda bisa memiliki quality time bersama anak.

Bahan Dasar Mainan

Pada umumnya, mainan kereta terbuat dari bahan plastik, kayu, dan besi. Pahamilah karakteristik dan kelebihan dari tiap-tiap bahan mainan agar Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan anak Anda.

• Bahan plastik, memiliki harga yang terjangkau dan mudah dibersihkan

Biasanya, mainan kereta yang terbuat dari bahan plastik bisa bergerak dengan tenaga baterai. Produk ini umumnya dilengkapi dengan lintasan rel kereta sehingga tampak menarik bagi anak-anak yang menyukai kereta. 
Dari tampilannya, mainan kereta berbahan plastik biasanya lebih atraktif. Harganya pun relatif lebih terjangkau dibandingkan mainan kereta yang terbuat dari kayu. Ditambah lagi, material plastik juga lebih mudah dibersihkan.

• Bahan kayu, terlihat klasik dan bisa dijadikan hiasan rumah

Hal yang menarik dari mainan kereta berbahan kayu adalah tekstur dan desainnya yang stylish. Bahan kayu juga menambah kesan hangat di dalam rumah Anda. Kebanyakan mainan kereta dari kayu hanya dapat dimainkan secara manual dengan cara didorong dengan tangan. 

Karena itu, jenis ini kami rekomendasikan untuk anak yang berusia 1-3 tahun. Mainan kereta dari kayu juga lebih awet. Anda dapat menjadikannya sebagai hiasan ruangan setelah mainan tersebut tidak digunakan lagi.

• Bahan metal, bodinya lebih kuat dan tahan lama

Ada pula mainan yang terbuat dari bahan metal atau besi. Bahan ini umumnya terdapat pada mainan kereta diecast berukuran kecil. Bahan metal atau besi memiliki bodi yang jauh lebih kuat dan tahan lama. Meski begitu, bahan ini cenderung mudah berkarat sehingga Anda perlu segera mengeringkannya jika terkena air. Terlepas dari hal itu, mainan kereta dari metal bersifat tahan banting dan awet, bahkan sampai anak beranjak dewasa.