Melestarikan Permainan Egrang Melalui Menyelenggarakan Perlombaan

18-05-2022

https://ruangmainan.com - Permainan egrang adalah salah satu permainan tradisional khas nusantara yang cara bermainnya menggunakan sepasang bambu untuk berjalan.

Orang dulu percaya bahwa permainan ini mengandung nilai moral tertentu yakni saat kaki sudah dipijakkan pada galah bambu, sebagai pemain kita tidak boleh ragu-ragu untuk terus berjalan.

Sama halnya dengan menjalani kehidupan, ketika kita sudah mengambil keputusan kita harus bertekad dan berkomitmen untuk menyelesaikannya hingga tuntas tanpa rasa ragu.

Jenis Perlombaan Egrang

Pada sebuah permainan pasti akan diberlakukan peraturan tertentu. Termasuk juga permainan tradisional yang satu ini.

Pada umumnya, egrang dibuat dengan panjang sekitar 2 meter, sehingga lebih tepat jika dimainkan oleh remaja yang berusia 10 tahun ke atas.

Saat bermain egrang kamu harus mengetahui dua versi permainan yang sudah ditentukan sebelumnya, Apa saja itu? Berikut pembahasannya.

Versi Pertama: Bertahan dari Perlawanan Lawan.

1. Ketika melakukan perlombaan egrang, maka harus terdapat 2 peserta.

2. Pemain diwajibkan untuk tetap bertahan berada diatas egrang hingga akhir pertandingan.

3. Lalu, kedua pemain saling berhadapan dan memukulkan egrang yang digunakan ke tanah untuk menyerang lawan.

4. Maka pemain yang jatuh duluan akan dinyatakan sebagai peserta yang gagal atau kalah, dan pihak lawan yang bertahan dianggap sebagai pemenang.

Versi Kedua: Lomba Lari Egrang.

1. Siapkan peserta kira-kira 4-5 orang.

2. Sebelum berlari, para peserta membuat persiapan dengan berdiri diatas egrang.

3. Seperti pada lomba lari pada umumnya, siapa yang paling cepat sampai kegaris akhir dialah yang dianggap sebagai pemenangnya.

Cara Bermain Egrang Bagi Pemula

Sebelum kamu mengikuti perlombaan egrang, maka kamu terlebih dahulu mengetahui cara bermain egrang dan bertahan di atasnya.

Jangan lupa pula, untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan ya teman. Karena walaupun ini termasuk permainan nusantara yang sudah lama ada, tapi sebagin besar anak Indonesia belum mengetahuinya.

Agar warisan kebudayaan kita yang satu ini tidak punah di makan zaman, maka kamu sebagai penerus bangsa harus mempelajarinya dan mewariskannya kepada anak-anak kamu kelak.

1. Persiapkan Diri

Sebelum kamu mengikuti suatu perlombaan, kamu diharuskan untuk mempersiapkan diri dengan baik terlebih dahulu.

Persiapan yang dimaksud dimulai dari kelenturan otot agar tidak cedera, sampai menguasai skill-skill yang ada dalam bermain Egrang.

2. Ajak Teman

Mengingat ini adalah permainan yang tidak bisa dilakukan secara sendirian, maka teman-teman harus mengajak teman untuk bertanding.

Apalagi jika jumlah teman semakin banyak yang ikut, maka 100% permainan tradisional ini akan menjadi semakin menyenangkan.

Jika ada teman yang tidak bisa bermain egrang, maka kamu bisa menempatkan mereka menjadi supporter yang akan membuat seru permainan.

3. Olah Strategi

Setiap orang yang mengikuti permainan akan bercita-cita untuk memperoleh kemenangan dari permainan yang diikutinya.

Oleh sebab itu, kamu perlu menyusun strategi yang benar dam memikirkannya secara matang mengenai  bagaimana strategi ini dapat digunakan pada kesempatan yang benar dan menguntungkan.

Selain strategi untuk mencapai kemenangan, kamu harus mengingat bahwa kunci utama permainan adalah kombinasi gerakan kaki dan tangan harus seirama.

4. Mulai Letakkan Kaki di Atas Egrang

Setelah persiapan dan strategi telah matang, maka kamu dapat memulai pertandingan dengan meletakkan kaki di atas egrang dan bertahan dengan mengunakan keseimbangan.

Jangan lupa untuk menentukan posisi ternyaman agar hasil permainan akan maksimal sesuai keinginan yang diharapkan. Apabila kamu merasa takut, ada baiknya jangan diteruskan.

5. Bertahan Hingga Akhir

Langkah terakhir ketika mengikuti lomba egrang adalah untuk terus bertahan menggunakan dan berdiri di atas egrang sampai akhir pertandingan.

Namun, jangan terlalu memaksakan dan melakukannya secara terburu-buru, karena hal  yang harus kamu utamakan adalah keselamatan.

Demikianlah beberapa informasi seputar perlombaan egrang. Kamu dapat menjadikannya sebagai salah satu ide seru dalam memeriahkan sebuah acara. Seperti hari merdeka atau lomba antar kampung atau sekolah dan lainnya.